Yang Benar-benar Hebat dengan Sok Hebat

Foto ini hanya ilustrasi ketika saya berkunjung ke sebuah rumah warga yang memiliki usaha rumah tangga (home industri). Mereka salah satu mustahik binaan Baitul Mal Aceh | Foto dokumen pribadi

Dalam hidup ini kita selalu bertemu dengan dua tipe manusia. Tipe pertama orang hebat dan memang benar-benar hebat, sedangkan satunya lagi hanya sok hebat.

Tipe pertama, biasanya merasa rendah di depan orang lain, padahal ia sangat istimewa di mata orang lain. Tipe yang kedua, ia selalu merasa dirinya paling tangguh, pintar, hebat, dan merasa tinggi daripada orang lain.

Sering menemukan orang-orang macam itu, baik di dunia nyata maupun di dunia maya seperti media sosial. Mereka dapat kita takar dari cara mereka membuat status dan mengomentari suatu isu.

Untuk mengukur tingkat kesombongan tipe yang kedua itu, cobalah sekali Anda menampakkan diri Anda seolah lebih tinggi dari dia. Anda harus siap-siap untuk menerima serangan habis-habisan. Tak segan, mereka akan melihat Anda dengan sangat sinis.

Persiapan membuat penelitian kompetensi alumi | Foto dokumen pribadiTipe kedua itu merasa dirinya punya idealis tinggi. Orang lain tak berharga di matanya. Ia merasa banyak tahu dari orang lain. Mereka cukup semangat jika mengkritik orang lain, giliran ia yang kena kritik, dia seperti cacing kepanasan. Lebih tepatnya, antikritik.

Namun kita akan mendapatkan nuansa berbeda ketika bertemu dengan yang tipe pertama tadi. Orang ini sangat menyejukkan. Bicaranya penuh nasihat. Ajakannya penuh motivasi. Kita selalu dibuatnya semangat.

Orang hebat itu tak pelit ilmu. Baginya semakin banyak berbagi ilmu, maka ia semakin puas. Semakin ia memberi manfaat kepada orang lain, semakin membuatnya banyak saudara.

Semoga kita semua berada pada posisi tipe orang pertama. Kita berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari sifat sombong, karena sekecil apapun kesombongan dalam diri manusia, akan mendapatkan azab yang berat dari Allah, karena sombong itu adalah pakaian Allah. []

Thanks for dropping by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *