Perang Meme, Mulai dari Pilpres hingga Piala Dunia

Pergelaran Piala Dunia (World Cup) 2018 di Rusia telah menyita banyak perhatian pecinta sepak bola. Semua bintang klub “lapangan hijau” itu kembali ke negaranya masing-masing untuk mempertahankan nama besar negaranya.

Piala dunia tahun ini memiliki nuansa berbeda dari sudut pandang suporter yaitu ada perang meme antar pendukung yang objeknya adalah para bintang terkenal. Ada dua bintang yang paling banyak diperbincangkan dan paling sering dijadikan objek nyinyiran yaitu Christian Ronaldo (CR7) berasal dari Negara Portugal dan Leonel Messi dari Negara Argentina.

Menjadi objek meme para netizen ini bukan terjadi saat Piala Dunia saja, ketika mereka masih bermain di klub pun sering dimemein oleh suporter. Apalagi beberapa hari yang lalu, kedua negera bintang ini berasal tidak lolos masuk ke 16 besar Piala Dunia 2018.

Mereka berdua memilik nasib yang sama yaitu sama-sama pulang kampung. Di situlah meme para suporter pecah. Sebelum mereka angkat koper, memenya lebih kepada membanding-bandingkan antara kualitas Ronaldo dengan Messi. Ronaldo mampu mencetak empat gol selama pertandingan, bahkan Ronaldo dalam satu pertandingan mampu membobol gawang lawan tiga gol sekaligus, sedangkan Messi tidak demikian.

Mereka membandingkan lagi, Ronaldo beberapa kali pernah membawa nama harum negaranya, sedangkan Messi belum pernah, yang ada gara-gara kalah, pernah “gantung sepatu” walaupun setelahnya dibatalkan.

Nah, ketika keduanya sama-sama harus mengemas barang mereka dari Rusia, memenya bukan lagi membandingkan, tetapi lebih kepada menertawakan mereka yang pulang kampung *bareng*. Anda bisa lihat sendiri mungkin di beberapa grup *WhatsApp* berseliweran meme mereka berdua sedang menunggu angkutan umum, mengayuh becak, memikul kardus besar, hingga video-video *dubbing*.

Inilah yang saya sebutkan di atas perbedaan Piala Dunia sebelumnya dengan tahun 2018. Perhelatan sebelumnya mungkin meme sudah ada, tapi tak sepopuler sekarang ini. Sekarang bisa disebutkan era meme. Orang menyampaikan sesuatu melalui meme.

Meme ini tidak hanya dibuat untuk pertandingan bola saja. Urusan politik pun meme menjadi media komunikasi andalan para *netizen*, baik dalam menjelekkan lawan, maupun menaikkan jagoan sendiri. Tapi saya perhatikan meme yang tersebar selama ini justru lebih banyak kepada sindiran dan nyinyiran.

Fenomena ini juga tidak hanya terjadi di Indonesia saja, banyak dunia besar lainnya juga berkembang komunikasi semacam ini. Masih ingat Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika beberapa tahun silam? Coba ingat, bagaimana bertaburnya meme terhadap Donald Trump. Walaupun akhirnya dia yang memenangkan pemilihan.

Yang ingin saya sampaikan bahwa meme ini sudah mejadi tren dunia modern. Dengan teknologi yang semakin canggih, orang bisa melakukan banyak hal dan di manapun mereka berada. Seperti meme ini, untuk membuatnya tidak perlu harus duduk di depan komputer menggunakan Adobe Photoshop, tetapi dengan smatrphone yang ada di tangan pengguna pun bisa langsung mendesain sesuai yang mereka inginkan.

Dari penelusuran beberapa sumber, meme ini dibuat oleh seorang ilustrator bernama Matt Oswald yang mengunggah “rage comic” dengan wajah Me Gusta ke website 4chan dan reddit pada 18 maret 2010.

Pada akhir tahun tesebut, topik blog Me Gusta Face muncul dan berisikan komik pendek. Pada Mei 2012, komik wajah Me Gusta populer dan terciptalah ribuan komik rage Me Gusta yang bisa ditemukan oleh netizen di website Tumblr, Memebase dan Reddit. [Baca: Sejarah Meme](https://www.jurnalweb.com/sejarah-asal-usul-meme-internet/).

Selain Me Gusta yang terkenal di dunia meme, ada juga Troll Face yang merupakan meme berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu meme ini ialah Whynne (pengguna DevianART). Selain itu ada juga meme Bitch Please yang menampilkan gambar tertawa pemain basket Yao Ming. Pemain basket NBA asal China itu sedang tertawa pada sebuah jumpa pers pada bulan Mei 2009.

Hingga saat ini, meme menjadi penghibur tersendiri bagi pengguna media sosial. Dengan berbagai macam ide kreatif mereka mengolah foto-foto dan menambahkan kalimat-kalimat sebagai keterengan yang membuat kita geleng-geleng kepala membacanya.[]

Thanks for Dropping by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *